[pl_row stretch=”auto” col_gap=”10″ width_content=”auto” row_height=”default” column_pos=”default” content_pos=”default” overlay_hover_delay=”400″ row_shape_top_color=”#fff” row_shape_top_width=”100″ row_shape_top_height=”100″ row_shape_bottom_color=”#fff” row_shape_bottom_width=”100″ row_shape_bottom_height=”100″ ele_bg_hover_delay=”400″]
[pl_col widget_space=”15″ overlay_hover_delay=”400″ ele_bg_hover_delay=”400″]
[pl_image id=”7234″ id-size=”full” align=”center” img_filter=”0,100,100,0,0,100,100″ caption_color=”#3E8EF7″ ele_bg_hover_delay=”400″ ele_bg_img=”https://stikesbcm.ac.id/wp-content/plugins/pagelayer/images/default-image.png” ele_bg_img_hover=”https://stikesbcm.ac.id/wp-content/plugins/pagelayer/images/default-image.png” max-width=”100″ caption=”PKKMB STIKES 2019/2020″ animation=”fadeInDown” animation_delay=”600″]

[/pl_image]
[/pl_col]
[/pl_row]
[pl_row stretch=”auto” col_gap=”10″ width_content=”auto” row_height=”default” column_pos=”default” content_pos=”default” overlay_hover_delay=”400″ row_shape_top_color=”#fff” row_shape_top_width=”100″ row_shape_top_height=”100″ row_shape_bottom_color=”#fff” row_shape_bottom_width=”100″ row_shape_bottom_height=”100″ ele_bg_hover_delay=”400″]
[pl_col widget_space=”15″ overlay_hover_delay=”400″ ele_bg_hover_delay=”400″]
[pl_text ele_bg_hover_delay=”400″ ele_bg_img=”https://stikesbcm.ac.id/wp-content/plugins/pagelayer/images/default-image.png” ele_bg_img_hover=”https://stikesbcm.ac.id/wp-content/plugins/pagelayer/images/default-image.png”]

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)
bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam
proses transisi menjadi mahasiswa, di dalamnya diisi dengan berbagai
kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan/cinta tanah
air/bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan
kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus
sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di
perguruan tinggi.



Berdasarkan surat edaran DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN
KEMAHASISWAAN, Nomor : 413/B/SE/VII/2018, Tanggal : 4 Juli
2018, Tentang: PANDUAN UMUM PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA
BARU (PKKMB) TAHUN 2018.

 

PANDUAN UMUM PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU

 

I. LATAR BELAKANG

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi
menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses
adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal
untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi maka
dilakukan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Masa
ini dapat dijadikan titik tolak inisiasi pembinaan idealisme, menanamkan
dan memperkuat rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap
lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter
religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas.

PKKMB
Juga diharapkan dapat menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan
nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih,
Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Dengan kata
lain melalui PKKMB kita ingin memberikan bekal awal agar mahasiswa kelak
akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu,
keluhuran ahlak, cinta tanah air dan berdaya saing global. 

PKKMB harus direncanakan secara matang agar dapat dijadikan momentum
bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem
pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik.

PKKMB juga diharapkan dapat menjadi penyadaran akan adanya hal-hal yang
dapat menghambat studi mahasiswa baru termasuk bisa menghambat
pencapaian tujuan nasional misalnya masalah radikalisme, terorisme,
penyalahgunaan narkoba, plagiarisme, korupsi dan lainnya.

Selain itu
PKKMB juga diharapkan merupakan ajang penyadaran akan pentingnya
pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut
mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki
literasi data, literasi teknologi dan literasi kemanusiaan serta
kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21.
Kompetensi-kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif
dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi,
memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta melek digital.

Terkadang sebagian dari pihak kampus menyerahkan kegiatan secara
penuh kepada peserta didik senior tanpa ada proses pembimbingan dan
pendampingan yang memadai. Masing-masing perguruan tinggi mengembangkan
model pengenalan kampus sesuai dengan interpretasi masingmasing sehingga
terjadi penyimpangan antara lain aktivitas perpeloncoan oleh senior,
kekerasan fisik dan atau psikis yang dapat berakhir dengan adanya korban
jiwa yang tentu saja dapat menimbulkan kecemasan, kekhawatiran dan
ketakutan bagi mahasiswa baru, orang tua dan masyarakat pada umumnya.

Karena itu maka perlu ditegaskan kembali bahwa penanggung jawab
penyelenggaraan PKKMB adalah pimpinan perguruan tinggi, karenanya maka
penyelenggaraan dilakukan oleh pimpinan perguruan tinggi sementara unsur
lain ikut mendukung dan membantu.

II. LANDASAN

  1. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
    (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan
    Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan
    Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi (Lembaran Negara
    Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 16, Tambahan Lembaran Negara
    Republik Indonesia Nomor 5500);
  3. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 15
    Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Riset,
    Teknologi dan Pendidikan Tinggi;
  4. Peraturan Mentei Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44
    Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Berita Negara
    Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 1952).

 

III. ASAS PELAKSANAAN

Asas pelaksanaan PKKMB terdiri dari: 

  1. Asas keterbukaan, yaitu semua kegiatan penerimaan mahasiswa baru
    dilakukan secara terbuka, baik dalam hal pembiayaan, materi/substansi
    kegiatan, berbagai informasi waktu maupun tempat penyelenggaraan
    kegiatan; 
  2. Asas demokratis, yaitu semua kegiatan dilakukan dengan berdasarkan
    kesetaraan semua pihak, dengan menghormati hak dan kewajiban
    masing-masing pihak yang terlibat dalam kegiatan penerimaan mahasiswa
    baru tersebut; dan 
  3. Asas humanis, yaitu kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan
    berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab, dan prinsip persaudaraan
    serta anti kekerasan. 

 

IV. TUJUAN DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

Tujuan umum ditetapkannya panduan ini untuk memberikan pembekalan
kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan
lingkungan kampus. 

A. Tujuan Khusus: 

  1. Mengenalkan arti pentingnya kesadaran berbangsa, bernegara, cinta tanah air, lingkungan dan bermasyarakat; 
  2. Menanamkan komitmen terhadap 4 (empat) konsensus dasar hidup
    berbangsa dan bernegara (Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD
    1945); 
  3. Mengenalkan sistem dan tata kelola perguruan tinggi, sistem serta
    kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan (kurikuler, ko kulikuler dan
    ekstrakurikuler); 
  4. Memberikan pendidikan karakter khususnya nilai integritas, moral,
    etika, kejujuran, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam
    kehidupan di kampus dan masyarakat; 
  5. Mendorong mahasiswa untuk proaktif beradaptasi, membentuk jejaring,
    menjalin persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa dan dosen serta
    tenaga kependidikan; 
  6. Memotivasi dan mendorong mahasiswa baru untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi; dan 
  7. Membentuk sikap dan perilaku yang dilandasi rasa cinta serta pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

 B. Hasil yang Diharapkan: 

  1. Memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan
    struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan; 
  2. Meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru; 
  3. Memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya dan
    pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya
    dalam kehidupan sehari-hari; dan 
  4. Terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen serta tenaga kependidikan. 

 

V. MATERI

Secara umum materi kegiatan PKKMB terdiri dari: 

  1. Pembinaan kesadaran bela negara Sebagai bagian dari upaya membangun
    sistem pertahanan negara dan merupakan upaya yang strategis dalam rangka
    menumbuhkan sikap dan perilaku setiap warga negara yang teratur,
    menyeluruh, terpadu dan berlanjut dalam menunaikan hak dan kewajibannya
    dalam upaya bela negara yang dilandasi cinta tanah air; 
  2. Kehidupan berbangsa dan bernegara Pemahaman tentang Pancasila
    sebagai dasar negara atau ideologi negara, Bhineka Tunggal Ika,
    Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bela
    Negara; 
  3. Pembinaan gerakan nasional revolusi mental: Indonesia melayani, bersih, tertib, mandiri, dan bersatu; 
  4. Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0; 
  5. Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia :
    • Pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia 
    • Program “general education”
    • Pengenalan nilai budaya, etika, tata krama dan norma kehidupan kampus 
    • Pencegahan dan penanggulangan intoleransi, radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, plagiarisme, dan anti narkoba 
    • Kiat sukses/motivasi belajar di perguruan tinggi (akademik dan non
      akademik) serta menggali prospek dan peluang kerja setelah lulus dari
      perguruan tinggi 
    • Materi lain yang dipandang perlu sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan perguruan tinggi 
    • Kegiatan kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan Perguruan Tinggi
      dapat mendeskripsikan materi lebih teknis dan metode pelaksanan yang
      disesuaikan dengan karakteristik berdasarkan kebutuhan masing-masing
      dengan tetap berpedoman pada panduan ini. 

 

VI. PELAKSANAAN

A. Bentuk, Tempat, dan Waktu 

  1. Bentuk Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah, latihan
    keterampilan dan diskusi, tugas mandiri, kunjungan langsung,
    penyelenggaraan pameran, permainan, studi kasus, dan/atau praktik
    langsung. 
  2. Tempat Tempat penyelenggaraan adalah di lingkungan perguruan tinggi.
    4 3. Waktu Kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) s.d. 7 (tujuh) hari,
    dimulai pada pagi hari dan berakhir pada sore hari.

B. Peserta Peserta kegiatan pengenalan kampus ini adalah mahasiswa baru dan yang bersangkutan dapat diberikan sertifikat. 

C. Organisasi Kepanitiaan Kegiatan ini melibatkan para dosen dengan
melibatkan mahasiswa, tenaga kependidikan, serta disesuaikan dengan
kebutuhan dan kondisi perguruan tinggi. Panitia berada di bawah
koordinasi Pimpinan Perguruan Tinggi bidang kemahasiswaan dan
bertanggung jawab kepada pimpinan perguruan tinggi. 

D. Pendanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Kegiatan ini didanai
oleh masing-masing perguruan tinggi. Pertanggung jawaban keuangan oleh
pimpinan perguruan tinggi, dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang
berlaku di masing-masing perguruan tinggi. 

 

VII. PENGAWASAN, EVALUASI DAN SANKSI

  • Pengawasan Pengawasan diakukan agar pelaksanaan PKKMB sesuai dengan
    rencana yang telah ditetapkan. Pengawasan dilakukan oleh panitia yang
    terdiri dari unsur dosen, pejabat struktural, tenaga kependidikan dan
    semua unsur lain yang di anggap perlu. 
  • Evaluasi Evaluasi dilakukan untuk melihat keberhasilan pencapaian
    tujuan program sekaligus menganalisis manfaat materi/aktivitas,
    efektivitas dan efisiensi, termasuk analisis kelemahan dan kendala yang
    terjadi pada penyelenggaaan kegiatan. Evaluasi dilaksanakan oleh panitia
    dengan membentuk tim yang terdiri dan unsur dosen, pejabat struktural,
    tenaga kependidikan, orang tua, serta unsur lain yang dianggap perlu.
    Evaluasi dilaksanakan selama kegiatan berlangsung antara lain dengan
    cara mengedarkan kuesioner kepada para mahasiswa baru. 
  • Sanksi Semua bentuk pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan di atas dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

 

VIII. PENUTUP

Pada dasarnya pelaksanaan panduan PKKMB di perguruan tinggi merupakan
salah satu upaya proses percepatan adaptasi dan pembentukan pribadi
mahasiswa yang utuh, berkualitas, sukses dalam studi, serta siap
menghadapi tantangan di masa depan. Panduan ini disampaikan kepada
seluruh pihak yang terkait untuk menjadi acuan dalam pelaksanaan
pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru, dan disesuaikan dengan
kondisi masing-masing perguruan tinggi.

Sumber : dirjen belmawa ristekdikti 

[/pl_text]
[/pl_col]
[/pl_row]